Tips Menjadi Penulis Hebat

Suka dengan dunia menulis, dan ingin penjadi seorang penulis, tapi masih bingung bagaimana cara menjadi penulis? Menyukai dunia tulis menulis sudah ada, ide juga sudah banyak yang tergambar di otak, tapi ternyata masih bingung bagaimana memulainya. Atau bisa saja kita sudah memiliki ide, sudah memulai menulisnya tapi sering terhenti di tengah jalan, sehingga kita tidak memiliki sebuah tulisan yang sudah tuntas menjadi tulisan yang pantas untuk dibaca.

Tips Menjadi Penulis Hebat
Tips Menjadi Seorang Penulis Hebat
Gambar : teruskan.com

Penulis hebatpun pada awalnya pasti mengalami masalah seperti ini. Ide yang tiba-tiba meloncat-loncat hingga membuat tulisan tidak bisa dirampungkan karena ide tiba-tiba berubah atau hilang, memang menjadi kendala di awal seorang penulis ingin menghasilkan sebuah karya. Dengan tekat yang kuat, kendala ini pastinya akan dapat diatasi. Jika masih bingung bagaimana mengatasi masalah klasik tersebut, berikut ini cara.

Cara Menjadi Penulis Handal

Bawalah Buku dan Pulpen

Saat ini kita dapat menulis dengan mudah di manapun kita berada. Gadget kini memang diseting untuk memudahkan kita mencatat berbagai macam hal di manapun itu. Jika ingin menjadi seorang penulis, cobalah untuk mengenal trik menulis dengan pulpen dan tangan. Dengan dua benda itu kita dapat menuliskan berbagai macam ide secara langsung. Ide-ide itu mungkin tidak akan semuanya menjadi sebuah tulisan, tapi itu dapat melatih kita menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Jika tidak ada pulpen dan buku mencatatnya menggunakan gadget juga diperbolehkan, tapi alangkah lebih baiknya menggunakan pulpen dan buku untuk mencatat.

Pergi ke Berbagai Lokasi

Jika di rumah tidak ada ide yang dapat ditulis, cobalah untuk keluar dan pergi ke café, perpustakaan atau tempat-tempat yang membuat kita nyaman. Perhatikan apa yang ada di sana dan itu bisa menjadi bahan sebuah tulisan. Pergi ke berbagai tempat ini juga dapat dilakukan jika di rumah kita merasa terganggu dengan dering telepon ataupun berbagai gangguan lainnya. Dengan pergi ke tempat-tempat itu, maka pikiran kita akan dapat terfokus sehingga tulisan akan dapat mengalir dengan baik.

Cari Teman yang Hobi Menulis

Menulis sendiri membuat kita bingung untuk berdiskusi. Jadi carilah teman yang memiliki hobi yang sama. Teman itu bisa dari teman dekat, atau teman yang kenal dari dunia maya. Saat ini ada banyak komunitas menulis yang terbentuk. Dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama, kita dapat saling bertukar ilmu bersama mereka. Adanya teman-teman ini juga akan memberikan semangat bagi kita untuk terus memperbaiki tulisan kita.

Teruslah Menulis

Dalam menulis memang ada beberapa aturannya, lupakan sejenak aturan itu dan teruslah menulis. Semakin banyak kita menulis, maka akan semakin banyak kita belajar. Aturan itu perlahan akan dapat tertanam di otak kita seiring dengan latihan yang kita lakukan.

Membaca

Untuk menjadi seorang penulis yang hebat, maka kita harus menjadi pembaca yang baik. maka perbanyaklah membaca buku, koran, majalah atau bahana bacaan lainnya. Dengan membaca ini, kita dapat menambah wawasan. Menambah perbendaharaan kosa-kata serta belajar bagaimana gaya penulisan yang baik.

Itulah beberapa cara menjadi penulis hebat. Dengan trik di atas, tidak ada kata mustahil untuk menjadi seorang penulis terkenal seperti Terre Liye, Asma Nadia dan lain sebagainya.

KOMENTAR

BACA JUGA