Belajar Cara Menjadi Barista

Sebagai seorang yang mencintai kopi, memiliki ilmu seperti barista adalah langkah yang tepat. Dengan ilmu itu kita dapat menyajikan berbagai macam kopi dengan aneka rasa. Mengetaui ilmu tentang barista memang membuat kita tahu bahwa menghidangkan kopi itu tidak mudah. Ada beberapa faktor yang mendukung kopi itu akan terasa nikmat atau tidak. Lalu bagaimana cara menjadi barista untuk mendapatkan ilmu meracik kopi yang benar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana menjadi seorang barista.

Belajar Cara Menjadi Barista
Foto : mycafesupplies.com.au

Cara Menjadi Barista

Memiliki profesi sebagai seorang barista bukanlah hal yang mudah. Seorang barista dituntut untuk mampu meracik kopi menjadi minuman dengan rasa yang begitu khas. Tidak semudah menyeduh kopi sachet seperti di rumah, dalam dunia barista ada beberapa aspek yang harus dikuasai sebelum mereka mampu meracik kopi yang sangat lezat. Lalu bagaimana cara menjadi baristas? Simaklah tips-tips di bawah ini.

Biasakan Bangun Pagi

Sebagai pekerjaan yang bergelut di dunia minuman, bangun pagi adalah aktivitas yang mutlak harus dijalankan. Minuman kopi adalah minuman yang enak diminum di pagi hari. Jadi kalau ingin bekerja di sebuah coffee shop, cobalah untuk membiasakan bangun pagi agar dapat melayani pembeli dengan baik. Bangun pagi juga dapat membuat tubuh menjadi bugar sehingga membuat proses belajar semakkin bergairah.

Mental yang Kuat

Dalam proses belajar, memang akan ditemui beberapa kendala yang sulit. Jadi siapkan mental yang tahan banting untuk dapat menguasai ilmunya. Mental yang kuat ini juga akan menjadi modal utama dalam bekerja di bidang ini. Pekerjaan yang langsung berhadapan dengan pembeli akan membuat kita mudah terkena omelan jika rasa kopi yang kita sajikan kurang sesuai selera pembeli. Dengan mental baja ini kita bisa belajar dari kesalahan dan tidak mudah putus asa ketika menghadapi masalah.

Tidak Pelupa

Ketika memutuskan menjadi seorang barista, ada banyak jenis kopi dan cara pengolahannya. Sehingga seorang barista tidak boleh lupa dengan berbagai jenis kopi dan bagaimana cara mengolahnya. Kalau lupa bisa jadi salah pengolahan sehingga rasanya akan jauh berbeda dengan yang diinginkan pembeli. Jadi ingat betul-betul jenis kopi dan bagaimana cara mengolahnya. Setiap jenis kopi memang memiliki perbedaan dalam mengolah untuk mendapatkan rasa yang pas.

Giat Berlatih

Saat ini ada banyak kelas barista yang dibuka oleh kedai kopi ternama. Ikutlah latihan di sana dan pilihlah sesuai dengan kemampuan. Barista sama halnya seperti chef yang berlatih menyajikan makanan. Bedanya barista bertugas meyajikan minuman yang berbahan dasar kopi. Perlu latihan keras untuk mendapatkan feel sebagai seorang peracik kopi. Jadi jangan mudah menyerah dan terus berlatih hingga bisa. Bersikaplah sabar agar dapat menuai hasilnya. Feel meracik kopi memang tidak akan didapatkan dalam hitungan hari. Perlu banyak latihan untuk mendapatkannya. Jadi jangan bosan dan bersabarlah.

Itulah sedikit tips bagaimana cara menjadi barista handal, peracik kopi yang minuman ini mulai digemari banyak orang.

Tag:

KOMENTAR

BACA JUGA