Wisata Air Terjun Teroh Teroh di Pelaruga dan Kolam Abadi

Wisata Air Terjun Teroh Teroh di Pelaruga Kolam Abadi merupakan objek wisata alam di Langkat, Sumatera Utara tak jauh dari Medan. Alamat Pelaruga? Ada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat.

Sarapan tiap pagi sudah biasa, tapi kalau hari libur tiba bisa jadi beda dan bahkan luar biasa jadinya. Ya, karena pada kesempatan libur yang lalu saya akhirnya bisa memiliki waktu libur juga, dan momen itu ga saya sia-siakan untuk melancong ke Medan. Loh kenapa ke Medan? Ya kebetulan di sana ada sanak saudara dan sekalian bertemu kangen dengan sahabat lama.

Persiapan liburan ini tidak terlalu rumit, dan layaknya perjalanan biasa saja. Mulai dari pesan tiket pesawat yang memang sudah saya persiapkan dari jauh-jauh hari agar harganya tidak terlalu mahal. Untungnya pada saat itu saya mendapatkan tiket promo dari Lion Air pulang pergi Jakarta-Medan di Traveloka.com. Hal ini setidaknya memperlancar niat saya untuk berkunjung ke Medan. Setibanya di Medan saya disambut dengan keluarga dan sahabat yang memang sudah lama tidak berjumpa. Seperti kebanyakan orang pada umumnya, kalau sudah berkumpul pasti banyak cerita dan salah satunya ada yang menarik rasa keingintahuan saya. Ya, cerita itu berasal dari sahabat saya, yaitu Andi yang mengungkapkan keinginannya untuk bertualang ke objek wisata air terjun Teroh Teroh di Langkat.

Otomatis, langsung saya sambut niatnya dan saya coba membujuk para sahabat ku yang lainnya untuk menemani petualangan kesana. Bagi saya tempat ini masih asing di telinga, tapi bagi sebagian besar warga Medan, khususnya remaja tentu sudah sangat familiar. Mau tau kelanjutannya? Yuk, simak cerita lengkapnya di bawah ini.

Wisata Pelaruga

Sekedar info, air terjun ini terletak di area wisata Pelaruga Jungle Tracking. Mendengar namanya sih keren, sudah ada unsur kebarat-baratan. Konon tempat ini terkenal dengan nama Pelaruga karena di daerah tersebut berdiam komunitas pemandu alam yang bernama Pelaruga.

Mereka berdiri untuk menjaga dan melestarikan keindahan alam di sekitar Desa Rumah Galoh. Sedangkan nama Jungle Tracking-nya ini disesuaikan namanya dengan tekstur alam di sana yang cenderung menantang dan membutuhkan tenaga dan fisik yang baik untuk menjelajahi/treking untuk sampai ke air terjun Teroh Teroh.

Nah, balik lagi ke cerita awal di mana kami bertujuan ke objek wisata air terjun Teroh Teroh. Untuk mencapai ke tempat wisata ini membutuhkan waktu 3 jam dari kota Medan. Dan dalam perjalanan kami berlima menuju ke Binjai, lalu berlanjut ke Namu ukur Pekan hingga akhirnya tiba di Desa Rumah Galoh. Untuk patokan pastinya adalah Polres Sei Bingai, dari situ sudah dekat tinggal lurus sampe ada pertigaan ambil jalur ke kiri. Setelah itu lurus aja kurang lebih 12 km dan lihat kiri jalan, karena Pamflet Pelaruganya ada di sebelah kiri.

Setibanya di lokasi, kami dipandu oleh Ranger yang sudah siap untuk memandu ketempat tujuan. Oh ya, biaya untuk mengakses tempat wisata ini sebesar Rp35.000/orang. Kata Rangernya perjalanan akan memakan waktu 30-40 menit. Lalu teman saya Andi sempat meremehkan dengan berkata “Kayanya gampang nih, bisa cepat sampai”. Sang Ranger hanya bisa tersenyum saja, dan hanya bisa bilang “Siapin tenaga yang banyak ya, karena petualangan akan dimulai”.

Ternyata setelah mulai treking, kami harus melewati jalur yang bisa dibilang sangat sulit (tidak mungkin dilewati sama orang yang sudah usia lanjut). Kami harus naik turun bukit dan yang serunya kami harus melewati tangga dari bambu dengan tingkat kemiringan yang sangat curam, mungkin hampir 90 derajat. Kemudian dilanjutkan dengan melewati 60 anak tangga, dan pastinya kondisi alam ini membuat adrenalin meningkat drastis. Walaupun lelah dan kaki pada pegel tapi rasanya puas, terlebih pas sampai di tempat tujuan hanya bisa mengucap satu kata…Amazing.

Di area ini Anda bisa memilih untuk berkunjung ke kolam abadi terlebih dahulu atau air terjun Teroh Teroh. Tapi baiknya sih mending berkunjung ke kolam abadi dulu, karena dari situ Anda bisa lanjut ke air terjun Teroh Teroh melalui jalur sungai. Jadi ga perlu bolak balik naik turun bukit yang tentunya bisa makan waktu dan tenaga.

Oh ya, ini dia beberapa gambarnya. Dijamin ga akan nyesal berkunjung ke tempat ini.

Bisa dipanjat kayunya tuh.
PelarugaAir Terjun Teroh Teroh

 

Gimana, kerenkan?
Oh ya untuk info tambahan, tempat ini juga ada bagian keramatnya. Di mana saat akan memasuki area ini, ada baiknya memberikan sesajian berupa sebatang rokok pada Batu Cabang. Hal ini seakan-akan sudah menjadi tradisi yang ditujukan untuk kelancaran perjalanan mengingat medan yang ditempuh cukup curam dan sulit.

Batu Cabang ini dianggap misterius dan sakral oleh warga sekitar karena memang berkaitan dengan asal muasal berdirinya desa tersebut.

Baca Juga : (Nikmati Wisata di Kota Little Asia)

Nah, itu dia sedikit perjalanan seru dan menantang ke Air Terjun Teroh Teroh di Langkat yang tak jauh dari Medan sekitar 2 jam perjalanan. Kalau Anda memiliki jiwa petualang dan suka dengan wisata alam yang memacu adrenalin, maka objek-objek wisata di Pelaruga ini dijamin dapat menjadi solusi. Mudah-mudahan info tentang Wisata Air Terjun Teroh Teroh di Pelaruga bermanfaat dan semoga wisata di Indonesia semakin maju. Terimakasih.

KOMENTAR

BACA JUGA