Transportasi Medan – Jalan Jalan di Medan

Transportasi Medan – Jalan Jalan di Medan dapat dilakukan menggunakan beragam transportasi kota yang ada di Medan, Sumatera Utara. Ragam fasilitas transportasi kota yang biasa dijadikan pilihan Anda untuk melakukan Wisata di Medan.

Transportasi Medan
Transportasi Medan

Moda transportasi umum yang dapat Anda temui untuk Keliling kota Medan, beberapa diantarnya dapat dilihat pada list Transportasi Medan dibawah ini:


1. Angkutan Kota (Angkot)

Angkot adalah sarana transportasi yang murah meriah di Medan. Biaya angkot sekitar Rp. 4.000 untuk umum, dan Rp. 2.500 untuk pelajar.

Para pelancong biasanya memanfaatkan alat transportasi Angkot sebagai sarana petualangan mereka. Jarak yang ditempuh tidak mempengaruhi biaya. Angkutan umum di Medan bentuknya sama dengan angkutan umum di kota-kota lainnya, yakni mobil van minibus yang dibagian belakangnya terdapat tempat duduk untuk penumpang disusun berhadapan. Angkutan umum di Medan juga terdiri dari berbagai warna dan jalur.

2. Becak Motor (Betor)

Betor adalah alat transportasi yang unik dan menjadi ikon kota Medan. Bentuknya seperti becak, namun menggunakan sepeda motor untuk menjalankannya. Kursi penumpang terletak di bagian samping. Selain lebih cepat dibanding becak biasa karena menggunakan sepeda motor, Betor juga dapat melalui jalan-jalan yang tidak dapat dilalui oleh bus maupun angkutan umum lainnya.

Biaya untuk naik Betor tergantung pada jarak yang ditempuh. Jika jaraknya cukup dekat, biasanya tarif berkisar Rp. 2000 hingga Rp. 5.000 dan sedangkan untuk jarak jauh, tarifnya berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 40.000. Kepandaian tawar menawar jelas berguna untuk mendapatkan biaya yang lebih murah.

3. Becak Dayung

Becak Dayung adalah transportasi yang unik menggunakan tenaga untuk mengayuh kendaraan. Seiring dengan perkembangan zaman, memang telah memudar pamornya karena kalah saingan angkutan bermotor lainnya. 

Disamping harga yang dibandrol relative lebih mahal untuk setiap naiknya, kecepatan becak dayung pun bisa dibilang lambat. Biaya yang ditawarkan sekali naik untuk jarak dekat berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000, untuk jarak cukup jauh, tarifnya berkisar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000.

Walaupun mahal, jika Anda ingin menggunakan transportasi yang sangat ramah terhadap lingkungan maka becak menjadi pilihannya.

4. Taksi

Taksi adalah alat transportasi yang menggunakan argo dalam mencatat biaya perjalanan. Namun, berbeda dengan taksi ditempat lain, taksi di Medan jarang menggunakan argo. Artinya, tarif mayoritas menggunakan tawar menawar tergantung beberapa orang penumpangnya dan kemana Anda akan pergi.

Anda dapat menemukan beberapa pangkalan taksi di Medan, diantaranya Bengawan Taxi di Jl. Sisingamangaraja 43 A dekat Taman Sri Deli, Inda Taxi di Jl. Brigjen Katamso No. 60/78 dekat Istana Maimun Medan, Kostar Taksi di Jl. Ahmad Yani No. 112 dekat Lapangan Merdeka, Cantik Taxi di Jl. Semarang 44, dan Blue Bird di Jl. Kapten Muslim No. 92 A.

5. Minimus dan Bus

Untuk transportasi antar kota di Medan tersedia minimus dan bus besar dengan rute mulai dari kota-kota terdekat hingga luar kota Medan. Anda dapat menjumpai bus dan minibus di terminal Pinang Baris dan Terminal Amplas. Tarif yang ditawarkan pun beragam, tergantung tujuan dan jenis bus atau minibus sendiri.


Tips menggunakan moda transportasi di Medan, yakni pilihlah yang paling memberikan kenyamanan. Namun, itu semua dikembalikan pada budget yang dimiliki. Jika ingin berwisata ekonomis, maka memilih Angkot Medan adalah yang paling tepat.

Transportasi Medan Kuala Namu

Bus Almasar
Tujuan : Bandara Kualanamu – Cemara
Jam Operasional : setiap 45 menit
Lama Perjalanan: 45 menit
Tarif : Rp. 15.000,-

PT Almasar Indonesia sebagai pelaksana pengoperasian angkutan pemadu moda ke Bandara Kualanamu. Perusahaan ini melayani koridor trayek di Jalan Cemara Kota Medan – Bandara Kualanamu. Tarif tiket Almasar Rp 15.000.

Lokasi : Jl H. Anif No. 28, (Gerbang Tol Cemara), Medan, Sumatera Utara (Hotel Miyana).



Bus ALS
Tujuan : Bandara Kualanamu – Binjai
Jam Operasional : setiap 45 menit
Lama Perjalanan : 120 menit
Fare : Rp. 30.000,-

Paradep Taksi
Paradep taksi kini telah hadir dengan tujuan langsung ke siantar. Paradep mempunyai berbagai fasilitas seperti musik, karaoke dan Air Conditioner (AC). Jumlah seat di setiap bus yakni 27 seat. Melayani dengan tarif Rp 50.000. Penumpang yang tiba di bandara dan ingin pulang ke Tebing Tinggi, dapat menggunakan pelayanan angkutan darat dari Paradep.

Lokasi : Jln Sisingamangaraja No 59
Telepon : 061- 77123029



Perum Damri
Perum DAMRI bergerak dalam bidang pelayanan jasa angkutan orang dan barang diatas jalan. Angkutan Khusus Bandara Perum DAMRI, merupakan salah satu segmen pelayanan yang saat ini beroperasi dari dan ke Bandara Kualanamu.

Perusahaan Umum (Perum) Damri memberlakukan tarif bus trayek Medan-Kualanamu rata-rata Rp10.000 dan Rp15.000 per orang. Dan tarif Rp15.000 ditetapkan bagi setiap penumpang trayek Medan-Kualanamu yang naik dan turun di sekitar Carrefour Jalan Gatot Subroto Medan, sedangkan tarif Rp10.000 di Terminal Terpadu Amplas.

Tujuan : Bandara Kualanamu – Amplas
Jam Operasional : setiap 30 menit
Lama Perjalanan : 45 menit
Fare : Rp. 10.000,-

Tujuan : Bandara Kualanamu – Carrefour
Jam Operasional : setiap 30 menit
Lama Perjalanan : 60 menit
Fare : Rp. 15.000,-

Lokasi : Jl. Raya Tg. Morawa Km.10 Gg Damai, Medan
Telepon : 061 – 7865466

PT. ALSPemadu Moda
PT Antar Lintas Sumatera (ALS) merupakan angkutan khusus menuju bandara Kualanamu-Binjai dan Kualanamu – Gagak Hitam. tarif Kualanamu – Binjai sebesar    Rp 30.000 dan Kualanamu – Gagak Hitam sebesar Rp 12.500.

Lokasi : Jl Sisingamaraja Km. 6.5 Medan
Telepon : 061 – 7866685

Demikianlah artikel mengenai Transportasi Medan, semoga dapat membantu Anda yang ingin Jalan Jalan di Medan menggunakan transportasi dalam kota di Medan.

KOMENTAR

BACA JUGA