Minuman Khas Medan - Tuak Hingga Badak!

Apa saja minuman khas Medan? Bagi Kamu penyuka hunting makanan dan minuman kuliner sepertinya mengetahuinya sangatlah penting. Dengan mengetahui munam khas Medan tersebut, Kamu sudah memiliki daftar wisata kuliner yang harus di kunjungi ketika berada di Medan. Minuman khas Medan ini pastinya memiliki ciri khas tersendiri baik dari aroma, rasa dan juga warna. KIta tidak bisa menemukannya di daerah lain. 



Wisata kuliner memang menjadi salah satu destinasi menarik dari sebuah tempat. Wisata kuliner tak kalah penting dengan wisata alam ataupun wisata buatan di kota Medan. Dengan berburu makanan dan minuman khas, Kita bisa mengenal daerah itu secara lebih dalam. Biasasanya makanan dan minuman khas sebuah daerah memiliki cerita sendiri yang sudah turun temurun dari nenek. Kembali ke kota Medan, di sini ada beberapa minuman khas Medan yang sayang jika dilewatkan. Apa saja minuman khas Medan itu?

4 Minuman Khas Medan


1. Teh susu Telur (TST)

Mendengar namanya, mungkin beberapa orang beranggapan bahwa TST merupakan suatu jenis makanan. Setelah mengetahui bahwa itu jenis minuman, sekarang kita mereka minuman itu terbuat dari campuran teh, susu dan telur ayam jawa ataupun telur bebek. Minuman ini sudah snagat familiar di kota Medan. Kita bisa menemukan kedai penjual TST di seluruh kota Medan. Kedai tersebut tidak pernah sepi dari pembeli. Tua maupun muda menyukai minuman TST. Selain sebagai minuman khas Medan, TST juga memiliki khasiat lain seperti menambah tenaga dan stamina khususnya para pria.

2. Tuak

Minuman Khas Medan

Dari namanya mungkin orang akan beranggapan bahwa Tuak merupakan minuman beralkohol. Tidak salah memang anggapan itu, namun ada dua jenis Tuak minuman khas Medan tersebut. Yang pertama Tuak rasa manis dan Tuak rasa pahit. Tuak rasa pahit inilah yang mengandung kadar alkohol di dalamnya. Tuak terbuat dari sadapan dari pohon nira atau aren yang sudah mengalami proses fermentasi. Namun sekadar mengingatkan, Tuak memiliki kadar alkohol yang sangat tinggi. Jadi jika ingin meminumnya usahakan dalam batas wajar.

3. Soda Cap Badak

Minuman jenis soda ini sudah melegenda di tanah Pematang siantar. Dalam penyajiannya soda cap badak dicampur dengan susu kental sampai merata. Minuman ini biasa disebut dengan Susu Badak. Susu Badak tersebut bisa dimunim dalam keadaan dingin atau panas. Rasa segar yang dihasilkan dai perpaduan itu konon akan mengembalikan stamina yang hilang.Untuk bisa merasakannya, kita bisa mendapatkan minum ini di kota Pematang Siantar. Warung di sana hampir semuanya menyediakan soda cap badak.
minuman khas medan

4. Sirup Markisa

Markisa merupakan buah khas kota Brastagi yang berada di dataran tinggi tanah Karo. Buah markisa bisa kita nikmati dalam dua jenis yakni buah segarnya secara langsung ataupun hasil olahannya yakni sirup markisa.

Keempat minuman khas Medan tersebut bisa menjadi destinasi menarik ketika singgah di kota Medan. Namun berhati-hatilah untuk minuman Tuak yang memiliki kadar alkohol tinggi.

4 Minuman Khas Medan, Tuak hingga Badak

Kuliner di Kota Medan - Termurah Hingga Termahal!

Mengenal Makanan Tradisional Medan






Hak Cipta oleh Cerita Medan
Portal Komunitas Medan