Headlines News :
Home » , » Makanan dan Minuman Ringan Khas Medan, Wajib Coba!

Makanan dan Minuman Ringan Khas Medan, Wajib Coba!

Written By Cerita Medan on Senin, 22 Juli 2013 | Senin, Juli 22, 2013

Ketika Anda datang ke Kota Medan, rasanya ada yang kurang jika Anda tidak mengunjungi temat Wisata Medan dan Kuliner Medan, kan? Ternyata, keunikan Kota Medan tidak hanya terletak pada dua hal tersebut.

Perlu diketahui bahwa Kota Medan mengandung banyak hal yang sangat menarik, teristimewa Makanan dan Minuman Ringan Khas Medan.

Mencoba melihat daftar makanan dan minuman ringan khas Medan yang menjadi ciri khasnya, banyak sekali yang akan merindukan keberadaannya di Medan ketika mencoba makanan dan minuman ringan khas Medan tersebut. Rasanya ada yang kurang ketika berada di Medan tetapi belum sempat menyantapnya. Jika Anda masih penasaran apa saja makanan dan minuman khas Medan, mari lihat daftar di bawah ini.

Makanan dan Minuman Ringan Khas Medan

1.     Sirup Markisa Pohon Pinang
Yak, sirup ini memang wajib dicoba. PT Maju Jaya Pohon Pinang selaku perusahaan penciptanya didirikan sejak tahun 1982 di kota Medan-Sumatera Utara. Perusahaan ini pun bergerak di bidang industri sirup di bawah merek Pohon Pinang. Pohon Pinang menghasilkan produk unggulannya yaitu Sirup Markisa, yang sebagian besar buah-buahannya diambil dari hasil pertanian Brastagi yang terkenal dengan hasil tani mumpuni di seluruh Indonesia. Kualitas sirup markisa yang dihasilkan berasal dari buah markisa yang tentu juga berkualitas dari Brastagi. Manisnya sirup markisa selalu mengisi acara keluarga masyarakat Medan, terutama di hari raya keagamaan seperti Natal dan Lebaran, dan wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh dari Medan sebagai minuman ringan khas Medan.

2.     Bolu Meranti
Inilah salah satu makanan ringan khas Medan yang wajib Anda bawa sebagai oleh-oleh ketika meninggalkan Medan. Bolu Meranti sangat lembut dan terdiri dari berbagai varian rasa. Bolu Meranti juga populer bagi kalangan masyarakat Medan dan pendatang. Jika ingin membelinya, silahkan pergi ke Jalan Kruing no. 2K dan Jalan Sisingamangaraja no. 19B.



3.     Bika Ambon
Yang ini sudah sangat terkenal sebagai makanan ringan khas Medan. Meski terdapat embel-embel ‘Ambon’
di namanya, tapi makanan ini asli Medan. Bika ini disebut dengan nama Bika Ambon karena awalnya banyak home industry yang memproduksinya di sekitar Jalan Ambon, sebuah jalan di sekitar daerah Petisah, Medan. Bika Ambon identik dengan warna kuning keemasan dan sangat lembut, serta sangat akrab ditangan turis luar daerah yang pergi meninggalkan Medan.

4.     Teh Susu
 Yang satu ini terbilang kurang populer bagi pendatang, tetapi inilah salah satu minuman ringan khas Medan yang patut Anda coba ketika berada di Medan. Teh Susu biasanya terdapat di kede kopi (re: warung kopi) di sekitar Medan. Utamanya terdapat di daerah Padang Bulan dan daerah Tanah Karo, Sumatera Utara.

5.     Teh Susu Telur (TST)
Yang ini memang hampir sama dengan bagian di atas, bedanya dicampur dengan telur ayam kampung. Kabarnya, minuman ringan khas Medan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, menguatkan daya tahan tubuh, serta mampu menyehatkan penyakit semacam flu dan demam.

Di samping 5 besar daftar makanan dan minuman ringan khas Medan di atas, ada juga minuman Cap Badak yang aslinya diproduksi di Siantar, Jus Martabe yang merupakan perpaduan dari buah markisa dan terong Belanda. Pokoknya makanan dan minuman ringan khas Medan masih banyak lagilah, dan yang pasti sangat khas. Selamat mencoba.

Sumber Gambar: Google.com

Komentar untuk Makanan dan Minuman Ringan Khas Medan, Wajib Coba!

Poskan Komentar