Keindahan Danau Toba Medan, Produk Sumatera Utara

Orang Indonesia mana yang tidak tahu Danau Toba? Kemahsyuran danau vulkanik terbesar di dunia ini bahkan terkenal hingga ke mancanegara. Banyak sekali turis yang rela berdatangan dari jauh hanya untuk melihat danau terbesar Indonesia yang berada di tengah Sumatera Utara ini. Keindahan alam, luasnya danau, serta keunikan budaya Batak Toba di sekitarnya mampu menjadi daya tarik dan mendongkrak popularitas Danau Toba.





Jika Anda memiliki waktu untuk berlibur, maka memilih Danau Toba sebagai lokasinya akan selalu menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak sekali lokasi berekreasi di sekitar Danau Toba yang siap memanjakan fisik dan jiwa Anda, terlebih penginapan dan berbagai lokasi budaya bersejarah lainnya. Ketika Anda sampai di Parapat yang merupakan daerah pinggir Danau Toba, Anda bisa langsung merasakan sejuknya udara di sekitar Danau Toba sekaligus merasakan airnya yang jernis dan segar di kulit Anda.
Jika ingin menyeberang, Anda membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kapal feri sehingga bisa tiba di Pulau Samosir yang terletak tepat di tengh Danau Toba.

Di Pulau Samosir tersebut banyak sekali terdapat keindahan budaya dari adat suku Batak. Berbagai daerah yang menjadi tanah leluhur orang Batak bisa Anda kunjungi setelah Anda tiba di Pulau Samosir seperti misalnya Tomok, Pangururan, Tuk Tuk dan sebagainya. Daerah-daerah tersebut juga menyimpan asal penciptaan marga dalam suku Batak.

Keindahan dan nama besar Danau Toba pasti selalu terngiang ketika Anda hendak merencanakan liburan ke Pulau Sumatera. Danau Toba menjadi destinasi populer di Sumatera Utara, di samping berbagai destinasi favorit lainnya seperti yang terdapat di Brastagi dan beberapa objek pariwisata dan bersejarah lainnya di Kota Medan. Ketika ada yang membicarakan objek wisata di Sumatera Utara, Anda pasti langsung menebaknya di Danau Toba, kan?

Lokasi Tepat Danau Toba Bukanlah di Kota Medan

Terlepas dari popularitas Danau Toba itu sendiri, ternyata belum semua orang yang benar-benar tahu bahwa Danau Toba terletak di sekitar Parapat, bukan di Kota Medan. Nama besar Medan ternyata mampu mempengaruhi pengetahuan orang-orang mengenai lokasi tepat Danau Toba. Kota Medan yang memang menjadi pintu masuk utama bagi setiap orang ketika hendak mengunjungi daerah lain di Sumatera Utara, selalu dikaitkan erat sebagai lokasi tepat Kota Medan. Hal ini terkadang membuat kebingungan sendiri bagi orang yang sudah sampai di Medan dan akhirnya mengetahui bahwa butuh waktu sekitar 4 jam lagi untuk sampai di Danau Toba, yang memang bertempat di luar daerah Kota Medan.

Danau Toba terletak di sekitar Parapat, tepat di tengah provinsi Sumatera Utara, yang mengharuskan setiap orang pada umumnya sampai ke Medan terlebih dahulu sebelum sampai di Danau Toba. Sedikit kesalahpahaman memang terjadi karena hal tersebut, yang membuat banyak orang selalu mengira bahwa Danau Toba terletak di Medan, padahal sebenarnya bukan.
Hak Cipta oleh Cerita Medan
Portal Komunitas Medan